Setup Menus in Admin Panel

  • No products in the cart.

Artificial Intelligence: Pengertian dan Bagaimana Pengaruhnya

Artificial Intelligence : Pengertian dan Bagaimana PengaruhnyaArtificial Intelligence adalah simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin, terutama sistem komputer. Aplikasi spesifik AI meliputi expert systems, natural language processing, speech recognition dan machine vision.

Secara umum, sistem Artificial Intelligence dapat melakukan tugas-tugas yang umumnya terkait dengan fungsi kognitif manusia — seperti menafsirkan ucapan, bermain game, dan mengidentifikasi pola. Mereka biasanya belajar bagaimana melakukannya dengan memproses sejumlah besar data, mencari pola untuk dimodelkan dalam pengambilan keputusan mereka sendiri.

Dalam banyak kasus, manusia akan mengawasi proses pembelajaran AI, memperkuat keputusan yang baik dan mencegah keputusan yang buruk. Tetapi beberapa sistem AI dirancang untuk belajar tanpa pengawasan — misalnya, dengan memainkan video game berulang kali hingga mereka akhirnya mengetahui aturan dan cara menang.

Contoh Artificial Intelligence

Teknologi Artificial Intelligence mengambil banyak bentuk, mulai dari chatbot hingga aplikasi navigasi dan pelacak kebugaran yang dapat dikenakan. Contoh di bawah menggambarkan luasnya potensi aplikasi AI.

1. ChatGPT

ChatGPT adalah chatbot Artificial Intelligence yang mampu menghasilkan konten tertulis dalam berbagai format, mulai dari esai hingga kode dan jawaban atas pertanyaan sederhana. Diluncurkan pada November 2022 oleh OpenAI, ChatGPT didukung oleh model bahasa besar yang memungkinkannya meniru tulisan manusia.

2. Google Maps

Google Maps menggunakan data lokasi dari ponsel cerdas, serta data yang dilaporkan pengguna tentang hal-hal seperti konstruksi dan kecelakaan mobil, untuk memantau traffic lalu lintas dan menilai rute tercepat nantinya.

3. Smart Assistants

Smart Assistants seperti Siri, Alexa, dan Cortana menggunakan natural language processing untuk menerima instruksi dari pengguna untuk menyetel pengingat, mencari informasi online, dan mengontrol lampu di rumah orang. Dalam banyak kasus, asisten ini dirancang untuk mempelajari preferensi pengguna dan meningkatkan pengalaman mereka dari waktu ke waktu dengan saran yang lebih baik dan respons yang lebih disesuaikan.

Baca Juga : Belajar IoT Dengan Pictoblox

Kelebihan dan Kekurangan dari Artificial Intelligence

1. Kelebihan

  • Bagus dalam pekerjaan yang berorientasi pada detail
  • Mengurangi waktu untuk tugas-tugas berat data
  • Memberikan hasil yang konsisten

2. Kekurangan

  • Mahal
  • Membutuhkan keahlian teknis yang mendalam
  • Terbatasnya pasokan pekerja yang memenuhi syarat untuk membuat alat AI

Bahasa Pemrograman yang harus Dikuasai

Dengan belajar bahasa pemrograman seperti Python, Java, dan C++, Anda dapat mempersiapkan diri untuk masuk ke bidang pengembangan AI yang menjanjikan. Selain itu, dengan menguasai bidang ini, Anda dapat memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat untuk para ahli AI. Koding Akademi memberikan pelatihan dan bimbingan terbaik untuk membantumu mencapai kesuksesan di bidang AI. Informasi lanjut hubungi kami di Whatsapp.

Source :

Koding Akademi 2021. All rights reserved.

You cannot copy content of this page