• No products in the cart.

Belajar IoT Dengan Pictoblox

Belajar IoT Dengan Pictoblox – Belajar coding sudah bukan menjadi hal yang asing bagi anak-anak. Dengan kebutuhan talenta digital yang semakin banyak, coding menjadi skill yang perlu dikuasai sejak dini. Tidak hanya untuk masa depan, belajar coding juga membantu proses tumbuh kembang anak. Selain membuat aplikasi atau animasi, anak-anak juga dapat menerapkan konsep IoT menggunakan coding.

Apa itu IoT?

apa itu IoT

Internet of things merupakan sebuah konsep menghubungkan perangkat elektronik ke koneksi internet. Tujuannya adalah agar kita dapat mengendalikan perangkat tersebut dari jauh tanpa perlu menyentuhnya. Kita dapat menggunakan smartphone atau komputer yang terhubung ke jaringan internet dan perangkat tersebut.

Perangkat apa saja yang bisa menggunakan teknologi IoT? Secara konsep, semua perangkat bisa! Selama perangkat tersebut dapat ditanamkan sensor dan saling mengirimkan data dengan koneksi internet. Mulai dari perangkat seperti smart watch, smart TV, smart fridge, hingga smart car seperti Tesla.

Baca Juga : Hal – Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Belajar Arduino

Apa itu Pictoblox?

apa itu Pictoblox

PictoBlox adalah aplikasi yang populer di kalangan anak-anak untuk belajar coding dengan kemasan yang menyenangkan. Anak-anak dapat membuat berbagai macam proyek yang mereka inginkan dan secara bersamaan belajar coding dan mengasah computational thinking.

Kenapa Pictoblox terlihat mirip dengan Scratch? Karena software Pictoblox memang dikembangkan berdasarkan Scratch. Pictoblox memiliki user interface dan konsep visual coding yang sama dengan Scratch. Yang membedakan adalah fitur tambahan yang mendukung pemrograman robotic, Artificial Intelligence dan Machine Learning. Dengan fitur – fitur ini kamu bisa Belajar IoT dengan Pictoblox.

Apa saja yang bisa kita buat di Pictoblox?

quarky
Source : https://www.kickstarter.com/projects/stempedia/quarky-learn-ai-make-bots-have-fun

Salah satu robot yang bisa diprogram dengan Pictoblox adalah Quarky. Quarky terdiri dari papan sirkuit yang terdiri dari berbagai komponen dan 2 buah roda. Anak-anak bisa memodifikasi bentuknya sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Dengan Wifi dan Bluetooth yang tertanam, melalui Pictoblox kita dapat mengirimkan kode program yang telah kita buat secara nirkabel. Quarky kemudian akan menerima kode program tersebut dan menjalankannya sesuai instruksi. 

Dan masih banyak lagi lainnya. Dengan banyaknya fitur yang tersedia, anak-anak tidak akan cepat merasa bosan untuk belajar coding. Daftarkan anak anda untuk mengikuti kursus pembelajaran Pictoblox di Koding Akademi!

Koding Akademi 2021. All rights reserved.

You cannot copy content of this page