Setup Menus in Admin Panel

  • No products in the cart.

Langkah – Langkah untuk menjadi Data Analyst

Langkah – Langkah untuk menjadi Data Analyst – Untuk menjadi seorang Data Analyst, diperlukan skill analisis dan pemahaman yang baik dalam mengelola data yang beragam. Seorang Data Analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengorganisir, menganalisis, dan menginterpretasikan data guna mendapatkan wawasan yang berharga bagi perusahaan atau organisasi.

Bidang Data Analyst menawarkan banyak peluang karir, karena hampir semua industri kini memiliki divisi atau tim analisis data. Industri-industri seperti telekomunikasi, asuransi, periklanan, layanan keuangan, perawatan kesehatan, dan teknologi khususnya membutuhkan keahlian Data Analyst. Permintaan akan Data Analyst diperkirakan akan terus meningkat di masa depan seiring dengan pertumbuhan teknologi dan digitalisasi yang terus berlanjut.

Ada 5 langkah untuk menjadi Data Analyst :

1. Mempelajari dasar – dasar Data Analyst

Langkah pertama untuk mulai adalah mempelajari dasar-dasar analisis data dan toolsnya seperti Microsoft Excel, SQL dan Python.

Selain itu juga mempelajari Spark dan Hadoop untuk menghitung angka dan Tableau, Matplotlib, atau ggplot2 untuk membuat visualisasi indah yang menghidupkan data.

Baca Juga : Manfaat Belajar Python untuk Data Analyst

Kursus adalah salah satu cara yang bagus untuk mempelajari dasar – dasar ini. Dimana saat kursus akan mendapatkan pengalaman seperti manajemen data, pemrograman statistik, bahasa pemrograman, visualiasi dan masih banyak lagi.

Kami dari Koding Akademi mempunya salah satu course untuk menjadi Data Analyst yaitu course Python Programming

2. Kerjakan project untuk mengembangkan keterampilan

Kamu harus memahami tools Data Analyst secara mendalam. Setelah kamu melakukannya, kamu dapat mulai menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari. Tools yang digunakan harus up-to-date dan terbaik.

Cobalah mengambil berbagai project latihan untuk mengembangkan dan menunjukkan kemampuan kamu dengan berbagai jenis data seperti teks dan gambar, audio, atau bahkan video.

Kamu juga akan melatih soft skill yang meningkatkan kemampuan seperti kemampuan melihat dengan detail, kemampuan untuk berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi yang sangat baik.

3. Kembangkan visualisasi dan praktik mempresentasikannya

Untuk menjadi Data Analyst, kamu harus mulai menggunakan program seperti Tableau, PowerBI, Bokeh, Plotly, atau Infogram. Berlatihlah membangun visualisasi sendiri dari awal, temukan cara terbaik untuk membuat data lebih mudah dipahami.

Tetapi membuat visualisasi hanyalah permulaan. Mereka juga harus dapat menggunakan visualisasi ini untuk mempresentasikan temuannya. Keterampilan komunikasi ini mungkin datang secara alami pada kamu, tetapi jika tidak, kamu dapat meningkatkannya dengan latihan. Mulailah dari yang kecil, jika perlu, menyampaikan presentasi kepada satu teman misalnya, sebelum beralih ke rekan kerja.

4. Membuat portofolio dari project yang sudah dikerjakan

Portofolio adalah sebuah keharusan dan untuk memulai itu harus meletakkan kode yang telah ditulis (bahkan sebagai bagian dari tugas kuliah kamu) di GitHub untuk menunjukkan apa yang dapat kamu lakukan dan mulai membangun portofolio kamu.

Project yang dijalankan dengan baik dapat menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan kemampuan analisis data kamu dan mengesankan calon manajer perekrutan.

Pilih sesuatu yang benar-benar kamu minati, ajukan pertanyaan dan coba jawab pertanyaan itu dengan data. Dokumentasikan dan presentasikan temuan kamu, divisualisasikan dengan penjelasan yang jelas tentang proses yang menonjolkan keterampilan teknis dan kreativitas kamu.

5. Lamar dibidang analyst yang relevan

Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa kamu temukan jika sudah menguasai skill ini, misalnya seperti : Business Analyst, Systems Analyst, Operations Analyst, Data Engineer dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Seiring waktu aplikasi analisis data terus dikembangkan sehingga menunjukkan bahwa pekerjaan sebagai analis terus dibutuhkan, jadi langkah yang tepat jika kamu ingin menjadi Analis Data.

Begitulah Langkah – Langkah untuk menjadi Data Analyst, jika kamu berminat ingin bekerja di bidang ini, kamu bisa belajar di Koding Akademi ya.

Source : BrainStation

Koding Akademi 2021. All rights reserved.

You cannot copy content of this page