• No products in the cart.

Arduino? Apa itu Arduino dan Apa Kegunaannya?

Arduino? Apa itu Arduino dan Apa Kegunaannya?

Arduino? Apa itu arduino? Namanya mungkin masih terdenger asing oleh sebagian orang. Namun untuk mereka yang biasa berkecimpung di dunia teknologi atau robotika, arduino pasti biasa didengar oleh telinga. Nah, berikut ini sedikit penjelasan tentang arduino.

Apa itu Arduino? (Photo by Jeswin Thomas on Unsplash)

Apa itu Arduino?

Arduino merupakan papan rangkaian elektronik atau kit elektronik open source. Komponen utamanya yakni sebuah chip mikrokontroler yang berada di dalam papan rangkaian tersebut. Chip mickrokontroler ini merupakan jenis AVR dari perusahaan Atmel.

Mikrokontroler tersebut merupakan chip atau IC (integrated circuit) yang dapat diprogram melalui komputer. Tujuan memberikan program pada mikrokontroler adalah supaya rangkaian elektronik bisa membaca input, memproses, kemudian menghasilkan output sesuai keinginkan. Dapat dikatakan, mikrokontroler merupakan otak sebuah rangkaian elektronik untuk mengendalikan proses input dan output.

Mikrokontroler itu sendiri sebenarnya ada di berbagai perangkat elektronik. Seperti handphone, DVD, televisi, AC, dan sebagainya. Mikrokontroler juga sering digunakan untuk kepentingan mengendalikan robot. Baik robot mainan ataupun robot industri.

Karena Arduino menggunakan mikrokontroler sebagai komponen utamanya. Maka dari itu, Arduino pun dapat diprogram menggunakan komputer sesuai dengan yang kita inginkan.

Apa saja yang bisa dilakukan Arduino?

Arduino bisa membuat berbagai program apapun tergantung pada keinginan kita. Arduino juga bisa digunakan untuk mengontrol LED. Bahkan Arduino juga dapat digunakan untuk mengontrol sebuah helikopter.

Apa Kelebihannya?

  • Terdapat bootloader yang akan menangani upload program dari komputer, sehingga tidak perlu lagi perangkat chip programmer.
  • Sudah memiliki sarana komunikasi USB, jadi laptop manapun bisa menggunakannya.
  • Arduino dilengkapi dengan kumpulan library, jadi bahasa pemrogramannya relatif mudah.
  • Arduino memiliki modul siap pakai (shield) yang bisa ditancapkan pada board. Misalnya shield GPS, Ethernet, SD Card, dan sebagainya.

Apa Bahasa Pemrograman yang digunakan?

Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang digunakan pada Arduino. Pemula tentu bisa mempelajarinya dengan cukup mudah karena bahasa ini sudah dipermudah menggunakan fungsi-fungsi yang sederhana.

Untuk mereka ingin belajar program Arduino atau tertarik membuat robot, seseorang perlu mendapatkan papan perangkat elektroniknya. Di Koding Akademi semua bisa belajar Arduino, hingga merakit robot. Dengan panduan bahasa pemrograman Arduino yang dibimbing langsung oleh para trainer, belajar Arduino pasti akan seru dan menyenangkan bersama Koding Akademi.

Sumber: it-jurnal.com

Koding Akademi 2021. All rights reserved.
You cannot copy content of this page