• No products in the cart.

Apa itu Flutter dan Mengapa Harus Belajar Flutter

Apa itu Flutter

Apa itu Flutter dan Mengapa Harus Belajar Flutter? – Flutter adalah framework UI yang open source dan gratis dari Google untuk membuat aplikasi mobile. Dirilis pada tahun 2017, Flutter memungkinkan Developer untuk membangun aplikasi mobile dengan satu basis kode dan bahasa pemrograman. Kemampuan ini membuat pembuatan aplikasi iOS dan Android menjadi lebih sederhana dan lebih cepat.

Framework Flutter terdiri dari software development kit (SDK) dan library UI berbasis widget. Library ini terdiri dari berbagai elemen UI yang dapat digunakan kembali, seperti penggeser, tombol, dan input teks.

Developer yang membangun aplikasi mobile dengan framework Flutter akan melakukannya dengan bahasa pemrograman yang disebut Dart. Dengan sintaks seperti JavaScript, Dart adalah bahasa pemrograman objek bertipe yang berfokus pada pengembangan front-end. Setelah kamu mengetahui apa itu Flutter, maka kamu perlu mengetahui mengapa kamu harus belajar flutter.

Baca Juga :

Kursus Coding paling Lengkap di Bali

Mengapa kamu Harus Belajar Flutter

Meskipun Flutter adalah framework lintas platform yang lebih baru, semakin banyak perusahaan yang memilih Flutter daripada kerangka kerja seperti Xamarin, Cordova, dan React Native.

Beberapa alasan utama mengapa Developer memilih Flutter:

1. Peningkatan Produktivitas

Menggunakan basis kode yang sama untuk iOS dan Android menghemat waktu dan sumber daya. Widget Flutter juga meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk pengujian dengan memastikan tidak ada masalah kompatibilitas dengan versi OS yang berbeda.

2. Flutter Mudah untuk Dipelajari

Flutter memungkinkan Developer untuk membangun aplikasi mobile tanpa perlu mengakses widget OEM atau menggunakan banyak kode. Selain antarmuka pengguna Flutter yang sangat menarik, proses pembuatan aplikasi mobile menjadi lebih sederhana.

3. Hemat Biaya

Membangun aplikasi iOS dan Android dengan basis kode yang sama pada dasarnya membangun dua aplikasi dengan harga satu. Tersedia di IDE yang berbeda. Pengembang bebas memilih antara Android Studio dan VS Code untuk mengedit kode mereka di Flutter.

4. Dokumentasi Lengkap & Komunitas yang Besar

Flutter memiliki banyak sumber daya yang bagus untuk menjawab pertanyaan kamu, berkat dokumentasinya yang lengkap dengan penggunaan yang mudah diikuti. Pengguna Flutter juga mendapat manfaat dari komunitas seperti Flutter Community dan Flutter Awesome untuk bertukar ide.

Source : Perfecto.io

Jika kamu sudah mengetahui apa itu Flutter dan Mengapa harus Belajar Flutter. Apakah kamu Tertarik untuk belajar Flutter? Kamu bisa Kursus di Koding Akademi!

Koding Akademi 2021. All rights reserved.
You cannot copy content of this page