Setup Menus in Admin Panel

  • No products in the cart.

Vue JS: Salah satu Framework Javascript Terbaik

Vue JS : Salah satu Framework Javascript Terbaik – Vue JS berasal dari tahun 2013 ketika seorang pengembang JavaScript bernama Evan You yang bekerja di Google mulai membuat perubahan pertama ke dalam proyek tersebut pada bulan Juli 2013. Kemudian, pada bulan Februari 2014, Vue JS dirilis secara resmi sebagai versi pertama.

Evan You terinspirasi oleh kemampuan AngularJS, sebuah framework JavaScript lain yang memungkinkan pengikatan data dua arah dan antarmuka dinamis, dan ingin menciptakan sesuatu yang memberikan kemampuan serupa dalam format yang lebih ringan.

Apa itu Vue JS

Vue JS

Vue JS adalah sebuah framework JavaScript yang ringan untuk membangun antarmuka pengguna web yang responsif. Vue memperluas fitur standar HTML dan CSS untuk menciptakan seperangkat alat yang sangat kuat untuk membangun antarmuka pengguna pada aplikasi web interaktif.

Mengadopsi arsitektur Model-View-ViewModel (MVVM), yang merupakan pendekatan pengorganisasian kode dalam aplikasi web. Pada arsitektur MVVM, pustaka utama Vue berfokus pada lapisan viewmodel, yang bertanggung jawab untuk mengelola logika bisnis dan berinteraksi dengan model (data). Vue menyediakan pengikatan data dua arah, yang memungkinkan perubahan pada model secara otomatis diterapkan pada tampilan, dan sebaliknya.

Dalam konteks aplikasi web single-page application (SPA), pengikatan data dua arah ini mempermudah pemutakhiran tampilan secara dinamis tanpa perlu mengirim permintaan ke server atau menyegarkan halaman secara manual. Dengan demikian, Vue memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam pengembangan aplikasi web modern.

Baca Juga : Kursus Javascript di Bali

Kelebihan Vue JS

1. Mudah untuk Memulai

Vue JS adalah framework yang dirancang untuk memulai dengan mudah. Anda dapat membangun aplikasi web dari awal dengan langkah-langkah sederhana, dan jika diperlukan, dapat diperluas menjadi lebih kompleks. Ini menggunakan teknologi yang umum digunakan dalam pengembangan web, seperti CSS, HTML, dan JavaScript. Hal ini membuat ini mudah diadopsi dalam proyek pengembangan web, karena pengembang yang sudah familiar dengan teknologi tersebut akan merasa nyaman dan cepat dalam menggunakannya.

2. Library Resmi yang Powerful

Vue JS menyediakan library resmi yang sangat berguna untuk memperluas fungsionalitas framework. Setelah menyiapkan konfigurasi dasar, Anda mungkin membutuhkan fitur tambahan seperti routing untuk mengatur alur navigasi aplikasi dan manajemen state untuk mengelola perubahan status antarmuka pengguna.

Vue Router dan Vuex adalah library resmi yang menyediakan solusi terbaik untuk kebutuhan tersebut. Vue Router memberikan kemampuan routing yang canggih untuk mengatur rute dalam aplikasi, sedangkan Vuex adalah library untuk mengelola state secara sentral dalam aplikasi. Dengan menggunakan library-library ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur-fitur canggih pada aplikasi Anda.

3. Renderisasi Cepat

Keunggulan ringan dari Vue JS dengan ukuran paket hanya 21 KB membuatnya memiliki performa yang cepat dibandingkan pesaingnya. Virtual DOM yang dimilikinya, terutama, mengakselerasi proses renderisasi. Sebagai referensi, model objek dokumen (DOM) adalah antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk HTML dan XML yang memodelkan struktur teks. Virtual DOM adalah representasi dari DOM asli yang memungkinkan perubahan disinkronkan. Proses penyinkronan virtual DOM jauh lebih efisien daripada memperbarui DOM aktual.

4. Komunitas Kolaboratif

Terdapat Discord chat dan forum yang aktif, serta banyak pertanyaan di Stack Overflow yang berhubungan dengan Vue JS. Lebih dari 132.000 anggota di Github juga menggunakannya, menunjukkan dukungan yang kuat dari komunitas pengguna Vue JS.

Vue JS vs React JS

Vue dirancang untuk tugas antarmuka pengguna dengan desain sederhana, sintaks tunggal, dan dukungan untuk animasi. Sementara itu, React menawarkan ekosistem perpustakaan kaya, dukungan untuk pengembangan aplikasi mobile, serta alat pengembangan yang cepat dan dukungan SEO yang baik. Meskipun React lebih fleksibel, Vue lebih mudah dipelajari dan memiliki fitur bawaan yang lebih banyak. Keduanya adalah framework yang kuat untuk menghadapi kompleksitas fungsionalitas JavaScript.

Kesimpulan

Vue JS adalah salah satu framework terbaik untuk pengembangan antarmuka pengguna (UI) di dunia web. Dengan desain yang sederhana, kemampuan yang kuat, dukungan dari perpustakaan yang luas, serta komunitas yang aktif dan berkembang, Vue JS menjadi pilihan yang sangat baik bagi para pengembang yang ingin membangun aplikasi web yang interaktif, dinamis, dan efisien. Fleksibilitas, kemudahan integrasi, serta performa yang cepat menjadikannya sebagai salah satu pilihan yang populer dalam ekosistem pengembangan web.

Source :

Koding Akademi 2021. All rights reserved.

You cannot copy content of this page