Setup Menus in Admin Panel

  • No products in the cart.

Pengenalan Coding Scratch

Pengenalan Coding Scratch – Koding Akademi Surabaya menawarkan program kursus coding untuk anak-anak, dimulai dari usia 7-10 tahun. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengajarkan coding kepada anak-anak adalah dengan mengenalkan mereka pada perangkat lunak pemrograman seperti Scratch.

Apa itu Coding Scratch

Scratch adalah bahasa pemrograman berbasis visual yang interaktif dan menyenangkan. Dengan ini, anak-anak dapat membuat animasi, permainan, cerita, musik, dan karya kreatif lainnya. Mereka dapat membuat program (yang disebut proyek) dengan menyusun balok-balok perintah (blocks) secara visual.

Dengan cara ini, anak-anak dapat fokus pada logika dan alur pemrograman (algoritma) tanpa perlu khawatir tentang kesalahan sintaks dalam penulisan kode, karena ini menggunakan pendekatan visual yang lebih intuitif.

coding scratch

Fitur-Fitur

coding scratch

Dalam Scratch, terdapat beberapa fitur utama yang dapat membantu anak-anak dalam pembelajaran:

  • Stage: Ini adalah tempat di mana hasil proyek seperti permainan atau animasi dapat dilihat. Di dalamnya terdapat logo bendera hijau dan lingkaran merah yang berfungsi untuk menjalankan dan menghentikan program.
  • Sprite: Sprite adalah gambar atau objek (karakter) yang digunakan dalam proyek.
  • Backdrop: Backdrop adalah gambar latar belakang yang digunakan pada Stage.
  • Kode Area: Ini adalah tempat di mana anak-anak dapat menempatkan kode-kode untuk mengatur perilaku proyek.
  • Blok Kode: Balok-balok kode digunakan untuk menyusun perintah dalam program yang akan dijalankan.

Baca Juga: Alasan Penting bagi anak-anak Untuk Belajar Scratch

Cara Kerja

Dalam Scratch, anak-anak hanya perlu “drag and drop” blok kode dari panel perintah (kiri) ke area kode (kanan). Namun, penting untuk diingat bahwa rangkaian blok tersebut harus sesuai dengan logika yang benar.

Sebagai contoh, jika anak-anak ingin membuat game, mereka dapat menggunakan berbagai blok kode yang tersedia untuk mengontrol karakter, mendeteksi tindakan pemain, dan mengatur skor. Semua ini dapat dilakukan dengan cara yang interaktif dan visual.

Contoh Penggunaan

Dalam Scratch, anak-anak dapat membuat berbagai jenis proyek, seperti permainan dan animasi. Sebagai contoh, mereka dapat membuat game yang unik dengan karakter lucu atau membuat animasi yang menggambarkan erupsi gunung berapi. Semua ini dapat dicapai dengan memahami cara penggunaan blok kode yang sesuai.

Scratch adalah alat yang hebat untuk memperkenalkan anak-anak pada dunia pemrograman secara kreatif dan menyenangkan. Dengan ini, mereka dapat belajar pemikiran logis, algoritma, dan dasar-dasar pemrograman tanpa terlalu banyak fokus pada sintaks kode.

Jika Anda tertarik untuk belajar Scratch bersama Koding Akademi Surabaya, Anda sudah siap untuk memulai perjalanan pemrograman yang seru dan edukatif bersama anak-anak Anda.

Koding Akademi 2021. All rights reserved.

You cannot copy content of this page