• No products in the cart.

Coding adalah : Pengertian dan Cara Belajarnya

Coding adalah : Pengertian dan Cara Belajarnya – Hampir setiap perangkat yang Kamu gunakan bergantung pada kode. Orang yang membuat kode disebut programmer, coders atau developer

Semuanya bekerja dengan komputer untuk membuat situs web, aplikasi, dan bahkan game! Nah aktivitas mereka ini bisa disebut sebagai Coding. Ini merupakan isitilah populer yang perlu diketahui semua orang.

Setidaknya Kamu perlu memahami seperti apa itu Coding. Agar lebih paham lagi kami akan menjelaskan Pengertian Coding dan Bagaimana Cara Belajarnya.

Coding adalah

Proses menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat komputer berperilaku seperti yang kamu inginkan. Di Python, setiap baris kode memberitahu komputer untuk melakukan sesuatu. Dokumen yang penuh dengan baris kode disebut skrip.

Setiap skrip dirancang untuk menjalankan suatu pekerjaan. Pekerjaan ini mungkin untuk mengambil gambar dan mengubah ukurannya. Itu mungkin memainkan suara atau musik tertentu. Saat kamu mengklik “suka” pada postingan seseorang di media sosial, sebuah skriplah yang membuatnya terjadi.

Tidak seperti manusia, komputer akan melakukan apa yang kamu perintahkan. Ini mungkin terdengar bagus, tetapi dapat menyebabkan masalah. Jika Kamu memberi tahu komputer untuk mulai menghitung ke atas, dan tidak menyuruhnya berhenti, itu akan terus menghitung selamanya! Menjadi programmer yang baik adalah tentang mengetahui cara memberitahu komputer untuk bertindak.

Baca Juga : Les Coding Terbaik di Bali

Cara Belajar Coding adalah

1. Tanyakan pada dirimu sendiri, kenapa kamu ingin Belajar Coding

Luangkan waktu untuk memikirkan alasan — alasan mengapa kamu ingin belajar bahasa pemrograman. Jujurlah pada dirimu sendiri. Apakah kamu ingin membuat perubahan karir yang besar atau hal lainnya.

Jawaban kamu dapat membantu menentukan bahasa pemrograman mana yang harus dikuasai, serta komitmen seperti apa (dalam waktu dan uang) yang mungkin diperlukan oleh tujuan kamu.

2. Memilih Bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhanmu

Setelah kamu mengetahui mengapa kamu ingin membuat kode, kamu dapat lebih mudah menentukan bahasa pemrograman mana yang harus dipelajari. Meskipun tidak ada satu pun bahasa pemrograman “terbaik” untuk dipelajari, beberapa bahasa lebih efisien daripada yang lain.

HTML dan CSS dianggap sebagai titik masuk termudah ke dunia coding, tetapi keduanya hanya berguna untuk membuat situs web dasar. Untuk situs web yang lebih interaktif yang melibatkan sistem pembayaran atau basis data, kamu harus mengetahui Javascript, PHP, SQL, dan Python agar semua komponen berfungsi.

3. Mencoba mengikuti Kursus Coding Online

Jika kamu ingin mempunyai jadwal belajar yang teratur, kursus coding online mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Namun, ada banyak kelas online berbeda yang mengajarkan bahasa pemrograman yang sama.

Kamu bisa Kursus Coding Online di Koding Akademi, disini ada banyak pilihan Kursus Coding Online. Kamu bisa cek info lebih detail di website Koding Akademi ya!

4. Dengan menonton Video Tutorial Coding yang menarik

Terkadang, lebih mudah untuk melihat seseorang menunjukkan kepada kamu bagaimana hal itu dilakukan. Kamu dapat menemukan semua jenis video pendidikan tentang hampir semua topik terkait coding saat ini.

Kamu dapat menemukannya di Youtube, channel Youtube yang bisa menjadi rekomendasi adalah Web Programming UNPAS, Programmer Zaman Now, dan masih banyak lagi channel lainnya.

5. Latihan dengan Project

Tidak peduli berapa banyak sertifikat coding yang kamu selesaikan, atau berapa banyak bahasa pemrograman yang kamu pelajari, bukti keterampilan coding-mu akan ada dalam Project yang kamu kerjakan.

Tanpa menerapkan keterampilan coding kamu dalam Project, kamu tidak akan dipertimbangkan untuk menjadi Programmer profesional — jadi mulailah merencanakan dan berlatih untuk membuat Project pertamamu.

6. Googling jika mengalami kendala

Jika kamu tidak tahu mengapa kode kamu error, kamu selalu dapat mencari solusi online. Kamu mungkin bukan orang pertama yang melakukan kesalahan, dan seseorang di internet pasti telah menemukan solusi untuk masalahmu. Cukup “salin dan tempel” pesan error kamu ke Google, lalu kamu akan menemukan solusi yang kamu cari.

7. Cara Belajar Coding terakhir adalah : Dengan mengikuti Coding Bootcamp

Bootcamp Coding memberi kamu pengenalan cepat dan pengalaman untuk banyak keterampilan. Jika kamu ingin menjadi profesional dan menjadi Developer, Bootcamp Coding intensif dan tatap muka dapat membantu kamu.

Koding Akademi saat ini mempunya Program Bootcamp untuk Data Analyst, Fullstack dan masih banyak lagi. Kamu bisa temukan informasi itu disini.

Sudahkah kamu memahami apa itu Coding dan Bagaimana Cara belajarnya. Setelah memahaminya kamu bisa mengikuti beberapa cara kami dengan Kursus Online atau mengikuti Bootcamp di Koding Akademi ya.

Source : MOU & lifehacker

Koding Akademi 2021. All rights reserved.

You cannot copy content of this page