Setup Menus in Admin Panel

  • No products in the cart.

Cara Membuat Game dari Coding Untuk Pemula

Cara Membuat Game dari Coding Untuk Pemula – Sebuah studi baru-baru ini oleh Electronic Entertainment Design and Research menemukan bahwa hampir 70% dari semua orang Amerika secara teratur bermain video game. Itu artinya jika kamu membaca ini, kemungkinan besar kamu telah memainkan satu atau dua permainan. Tetapi bahkan dengan begitu banyak orang yang bermain video game, jumlah orang yang telah memprogram sebuah game jauh lebih sedikit.

Dalam banyak hal, membuat game dari Coding baru bisa sama menyenangkannya dengan bermain game, dan cukup mudah untuk mempelajarinya. Mungkin kamu ingin menjadi Developer Game profesional untuk sebuah studio. Mungkin kamu hanya ingin membuat game kustom yang menyenangkan untuk diri sendiri atau untuk dibagikan kepada teman-teman kamu. Apa pun itu, semuanya dimulai hanya dengan sedikit coding.

Platform dan Bahasa Pemrograman Coding untuk Game

1. Scratch 

Scratch adalah tempat yang luar biasa untuk mulai mempelajari proses pembuatan game! Ini memiliki antarmuka berbasis blok yang mudah dipelajari yang memungkinkan pemula sekalipun untuk membuat kode dengan cepat. Meskipun mudah untuk dicoba, Scratch telah menghasilkan membuat beberapa game cukup menakjubkan.Salah satu fitur terbaik Scratch adalah kamu dapat dengan mudah melihat kode yang digunakan untuk membuat semua game yang dihosting di platformnya. Jika kamu tertarik dengan cara membuat game kamu sendiri, kamu bisa Kursus Basic Coding di Koding Akademi ya.

2. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang membantu mendukung sebagian besar interaktivitas yang dapat kamu temukan di web, yang membuatnya menjadi bahasa yang cukup populer untuk dipelajari. Sifatnya yang sangat fleksibel dan ringan menjadikannya pilihan tepat untuk membuat game berbasis browser yang dapat dimainkan di komputer atau ponsel. Karena game seluler sangat populer di antara begitu banyak gamer, membuat game JavaScript bisa menjadi pilihan yang bagus. 

3. Python

Python terkenal sebagai bahasa pemrograman yang cepat dan mudah untuk mengotomatiskan tugas-tugas kecil yang berulang. Ini sangat cepat untuk tugas-tugas yang bagus, tetapi dapat mengalami kesulitan untuk menskalakan untuk aplikasi yang lebih besar. Python adalah bahasa pemrograman yang sangat baik untuk membuat game yang sederhana.

4. C++

C ++ adalah bahasa pemrograman utama yang digunakan dalam game AAA saat ini (game yang diproduksi oleh penerbit besar) dan untuk banyak alasan yang bagus. Sebagai bahasa yang dikompilasi, ini berjalan sangat cepat dan menawarkan banyak fleksibilitas. Ini bukan bahasa termudah untuk dipelajari untuk pemula yang lengkap, tetapi cukup berguna bagi pembuat game agar sepadan dengan usaha. Manfaat besar lain dari C++ adalah bahwa banyak mesin game paling populer dapat digunakan dengannya, termasuk mesin Unreal dan Unity yang terkenal.

Baca Juga : Unity adalah : Bagaimana Cara Mempelajarinya

4. Roblox

Roblox lebih dari sekadar platform yang memungkinkan kamu memainkan berbagai macam game, itu juga memungkinkan kamu membuat game impian untuk PC, Xbox, dan seluler. Untuk Coding, Roblox menggunakan bahasa pemrograman yang disebut dengan Lua. Ini adalah bahasa pemrograman yang ringan dan efisien. Ini mendukung pemrograman prosedural, pemrograman berorientasi objek, pemrograman fungsional, pemrograman berbasis data, dan deskripsi data. Yang kamu butuhkan untuk membuat Game dari Roblox adalah aplikasi Roblox Studio yang gratis.

5. Construct 3 

Construct 3 adalah mesin game 2D yang dapat digunakan untuk mendesain dan membuat game kamu sendiri, seperti teka-teki, platformer, game role-playing (RPG), penembak, game balapan, atau bahkan buku cerita. Ini juga menyertakan mesin fisika Box2D untuk membuat game berbasis fisika.

Cara membuat Game dari Coding untuk Pemula bisa kamu pelajari di Koding Akademi. Kami mempunya mentor – mentor handal yang siap membantu kamu untuk menjadi Game Developer. Bisa hubungi kami di nomor +6281246431155.

Source :

Koding Akademi 2021. All rights reserved.

You cannot copy content of this page