Setup Menus in Admin Panel

  • No products in the cart.

Cara Belajar Digital Marketing di Tahun 2022

Cara Belajar Digital Marketing di Tahun 2022 – Sebelum kita memulai, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan Digital Marketing. Digital Marketing menjadi salah satu pilar utama dalam strategi pemasaran global di era teknologi dan internet. Memahami konsep ini adalah kunci keberhasilan untuk memperluas jangkauan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan secara efektif melalui platform digital.

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing adalah proses mempromosikan dan menjual produk atau layanan di Internet menggunakan satu atau lebih jalur pemasaran seperti search engines, social media platforms, dan PPC advertising.

Dengan hal ini, kamu dapat menemukan audiens yang tertarik dengan brand kamu, berinteraksi dengan mereka, dan melayani mereka hingga mereka menjadi pelanggan.

Jenis Digital Marketing yang paling penting adalah search engine marketing, content marketing, PPC advertising, social media marketing, dan email marketing.

Cara Belajar Digital Marketing

Untuk mempelajarinya, kamu harus menjadi ahli dalam bidang-bidang berikut:

1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah komponen utama dalam Digital Marketing. SEM berkaitan dengan pemasaran di berbagai search engines menggunakan Search Engine Optimization (SEO) atau Paid Search Advertising (Google Ads atau Bing Ads).

a. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses mengoptimalkan situs web sehingga peringkatnya lebih tinggi dalam hasil organik search engine.

SEO penting dalam online marketing karena dapat mengarahkan target ke situs web. Ini adalah proses yang lebih lambat dibandingkan dengan Paid Ads tetapi dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

SEO bukanlah ilmu yang statis tetapi selalu berubah. Google dilaporkan membuat lebih dari 255 perubahan pada algoritma peringkatnya per tahun.

b. PPC Marketing

Pay Per Click marketing atau paid search advertising (PSA) adalah komponen lain dari Search Engine Marketing.

Dengan Pay Per Click ads, kamu dapat menjangkau target pelanggan lebih cepat daripada SEO tetapi kamu membayar setiap kali seseorang mengklik iklan.

Saat ini, PPC terbesar adalah Google Ads, yang memungkinkan menampilkan iklan di Hasil Pencarian Google, di properti Google (seperti Gmail dan YouTube), dan di situs web yang berpartisipasi dalam Google AdSense.

2. Content Marketing

Setiap campaign didasarkan pada konten. Baik itu SEO, social media marketing, atau email marketing, kamu memerlukan konten untuk menjangkau dan terlibat dengan target audiens di channel yang berbeda.

Content marketing adalah proses untuk mengidentifikasi, membuat, dan mempromosikan jenis konten yang tepat kepada audiens yang tepat.

Untuk menjadi Content marketer yang baik, kamu harus memiliki keterampilan menulis, SEO copywriting skills, dan analytical skills.

3. Social Media Marketing

Tidak bisa dibayangkan dunia tanpa adanya Facebook, Instagram ataupun TikTok. Sosial Media telah mendominasi hidup kita dan erat kaitannya dengan Digital Marketing.

Karena Goals dari bidang ini adalah terhubung dengan pelanggan melalui sosial media maka bentuk marketing yang baru lahir yang disebut dengan Social Media Marketing. 

Facebook sejauh ini merupakan sosial media yang paling banyak digunakan dengan lebih dari 3 miliar pengguna aktif bulanan.

Selain Facebook kamu juga dapat mempelajari sosial media lain seperti Pinterest, LinkedIn, dan Twitter.

4. Email Marketing

Email Marketing tidak mati. Terlepas dari apa yang mungkin kamu pikirkan, email masih merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan dan pelanggan lama menjadi pelanggan tetap.

Untuk menjalankan email marketing campaigns yang sukses, kamu harus mengenal audiens terlebih dahulu, jika tidak email kamu akan berakhir di folder spam pengguna.

Kamu dapat menganggap email marketing sebagai bagian terakhir dalam Digital Marketing. Sementara semua teknik marketing lainnya berkonsentrasi untuk menemukan pelanggan baru, email marketing adalah tentang kesepakatan untuk transaksi.

Tips untuk belajar Digital Marketing

Belajar Digital Marketing memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan banyak membaca dan latihan berjam-jam untuk mempelajari bagaimana masing-masing bagian bekerja secara individual dan bagaimana dapat menggabungkannya bersama-sama untuk hasil yang maksimal. 

Untuk mempermudah belajar ikuti tips dibawah ini:

1. Mulailah dengan SEO
2. Latihan, Latihan dan Latihan
3. Dapatkan Sertifikat Digital Marketing
4. Bekerja dengan Digital Marketer Berpengalaman
5. Ikuti Bootcamp dari Koding Akademi

Koding Akademi bakal adain Bootcamp untuk Digital Marketing juga lho. Follow sosial media Koding Akademi untuk info lebih lanjut ya atau kamu bisa klik link dibawah ini ya.

Program Bootcamp – Koding Akademi

Source:

Baca Juga:

Koding Akademi 2021. All rights reserved.

You cannot copy content of this page