• No products in the cart.

Apa itu React JS dan Seperti apa Fitur – Fiturnya

Apa itu React JS

Apa itu React JS dan Seperti apa Fitur – Fiturnya – React JS adalah library JavaScript yang digunakan dalam pengembangan web untuk membangun elemen interaktif di situs web. Tetapi jika kamu belum familiar dengan JavaScript atau library JavaScript, maka kita perlu mengetahui apa itu Javascript dan librarynya.

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sangat penting yang digunakan untuk menambahkan fitur animasi dan interaktif ke situs web atau aplikasi web. Sedangkan Library JavaScript adalah kumpulan kode JavaScript yang dapat digunakan untuk tugas JS secara umum, memungkinkan kamu untuk melewati proses coding yang memakan waktu.

Fitur – Fitur di React JS

React hadir dengan dua fitur utama yang menambah daya tarik bagi JavaScript Developer JSX dan Virtual DOM. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang React JS dan mengapa kamu harus menggunakannya, mari kita lihat keduanya.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Menjadi Front-End Developer?

1. JSX (JavaScript eXtension)

Inti dari setiap situs web dasar adalah dokumen HTML. Browser web membaca dokumen ini dan menampilkannya di komputer, tablet, atau ponsel kamu sebagai halaman web. Selama proses ini, browser membuat sesuatu yang disebut Document Object Model (DOM), tentang bagaimana halaman web diatur. Developer kemudian dapat menambahkan konten dinamis dengan memodifikasi DOM.

JSX (JavaScript eXtension) adalah ekstensi React yang memudahkan pengembang web untuk memodifikasi DOM dengan menggunakan kode sederhana bergaya HTML. JSX kompatibel dengan platform browser apa pun yang mungkin kamu gunakan.

Menggunakan JSX untuk memperbarui DOM menghasilkan peningkatan kinerja situs yang signifikan dan efisiensi pengembangan. 

2. Virtual DOM (Document Object Model)

Jika kamu tidak menggunakan JSX, situs web kamu akan menggunakan HTML untuk memperbarui DOM-nya (proses yang membuat sesuatu “berubah” di layar tanpa pengguna harus me-refresh halaman secara manual). Ini berfungsi dengan baik untuk situs web statis yang sederhana, tetapi untuk situs web dinamis yang melibatkan interaksi pengguna yang berat, ini bisa menjadi masalah (karena seluruh DOM perlu memuat ulang setiap kali pengguna mengklik fitur yang meminta me-refresh halaman).

Namun, jika Developer menggunakan JSX untuk memanipulasi dan memperbarui DOM-nya, React JS membuat sesuatu yang disebut DOM Virtual. DOM Virtual (seperti namanya) adalah salinan dari DOM situs dan menggunakan salinan ini untuk melihat bagian mana dari DOM aktual yang perlu diubah ketika suatu peristiwa terjadi (seperti pengguna mengklik tombol).

Tertarik dengan React JS?

Jika kamu tertarik untuk belajar React JS di Bali kamu bisa kursus di Koding Akademi Denpasar. Disini kamu akan belajar mengenai pengenalan React JS, membangun React Component dan masih banyak lagi yang bisa kamu pelajari di Koding Akademi. 

Kamu bisa menghubungi lewat Whatsapp atau bisa mampir langsung ke Koding Akademi jalan Jl. Tukad Batanghari No.55, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Sampai jumpa di Koding Akademi.

Source : SkillCrush

Koding Akademi 2021. All rights reserved.
You cannot copy content of this page